Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu WordPress ? Pengertian WordPress dan Beberapa Manfaatnya

     Hi sahabat KutuTips.com kali ini kita akan membahas mengenai CMS WordPress atau yang biasanya lebih sering dikenal WordPress.com. nah untuk kalian yang ingin membuat sebuah blog atau website untuk pribadi ataupun perusahaan alangkah baiknya kalau kalian baca terlebih dahulu pembahasan tentang WordPress dibawah ini.


1. PENGERTIAN WORDPRESS

     WordPress adalah sebuah platform pembuatan website yang diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2003. Sejarah munculnya WordPress karena di tutupnya sorftware blogging yang bernama b2/cafeblog, kemudian Matt dan Mike sebagai salah satu dari pengguna b2/cafeblog, menginisiasi pembuatan software serupa.

Barulah di tahun 2004, kedua progammer itu berhasil merilis WordPress 1.0 dengan fungsi-fungsi dasar seperti yang dimiliki b2/cafeblog yang dimodifikasi. Sejak saat itulah perjalanan WordPress dimulai hingga saat ini masih menjadi CMS paling populer diseluruh dunia dengan kisaran 30% dari pembuatan website di seluruh dunia.

Yang membuat WordPress lebih menarik perhatian adalah software yang bersifat open source. Artinya WordPress bisa digunakan secara gratis dan bebas memudahkan penggunan untuk menambahkan fitur di website hanya sekali klik.

Memang tak bisa di pungkiri kalo WordPress sampai saat ini masih menjadi CMS yang paling populer di seluruh dunia karena memang WordPress dilengkapi oleh berbagai fitur yang sudah lengkap dan juga dukungan dari banyak komunitas-komunitas WordPress yang siap membantu anda. WordPress juga sudah di percaya oleh beberapa perusahaan-perusahaan besar di seluruh dunia beberapa contohnya yaitu : Bata, Microsoft News Center, Sony Music dan juga digunakan oleh beberapa artis-artis top.

Contoh - contoh tersebut saya rasa sudah cukup untuk menjadi bukti bahwa WordPress telah di percaya untuk membuat website berkualitas tinggi di seluruh dunia.


Gambar 0.1 WordPress.com


2. ALASAN MENGGUNAKAN WORDPRESS
  • Mempunyai Tampilan Yang Ramah dan Mudah Di Baca Bagi Pemula dan Ahli
  • Mempunyai Komunitas Besar
  • Banyaknya Tutorial Yang Mudah di Akses dan di Pelajari
  • Tersedia Berbagai Macam Plugin 
  • Tersedia Berbagai Macam Tema Gratis dan juga Berbayar    

3. KELEMAHAN CMS WORDPRESS


  • Keamanan : Karena WordPress sudah digunakan oleh lebih dari 30% website di seluruh dunia, semakin banyak pengguna WordPress maka ancaman dari Hacker juga akan semakin meningkat. Namun anda masih dapat mencegah hal itu terjadi dengan cara menginstal plugin untuk meningkatkat keamanan dari webstite WordPress anda tersebut.
  • Dukungan pihak ketiga yang kadang beresiko : Jika anda sering mengganti tema dan juga memasukkan plugin untuk website WordPress anda dari yang gratis ataupun yang berbayar, anda harus berhati - hati karena resikonya adalah tema ataupun plugin tersebut dapat mempunyai bug yang nantinya akan beresiko terhadap website WordPress anda.
  • Kecepatan : Karena banyaknya plugin yang tersedia secara gratis, terkadang kebanyakan orang sering memasang berbagai plugin tanpa memperhatikan dampaknya. Sehingga banyak plugin yang sangat mempengaruhi kecepatan pada website WordPress tersebut.
     Wordpress sendiri di bagi menjadi dua macam yaitu wordpress.com dan wordpress.org, dari keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing salah satunya adalah dalam segi biaya diamana WordPress.com adalah versi gratisnya dan anda tidak usah membayar apa-apa lagi, sedangkan untuk WordPress.org adalah versi berbayarnya meskipun sebenarnya dari WordPressnya ini gratis namun anda hanya perlu untuk biaya sewa hosting dan domain sendiri.


4. MANFAAT WORDPRESS

  • Sebagai Blog dan Website Pribadi : Jika anda mau membuat sebuah blog ataupun website alangkah baiknya jika anda mencoba WordPress.com terlebih dahulu, namun apabila anda sudah mahir menggunakan WordPress.com sebaiknya anda menggunakan WordPress.org karena dilengkapi dengan banyak fitur-fitur yang tersedia.
  • Sebagai Website Perusahaan : Karena kebanyakan orang lebih percaya dengan bisnis atau perusahaan yang mempunyai website maka sebuah perusahaan juga harus menyediakan atau membuat website untuk menyakinkan konsumen terhadap bisnisnya, salah satu caranya adalah membuat website dengan CMS WordPress.org 
  • Sebagai Website Toko Online : Untuk membuat toko online menggunakan WordPress anda harus memakai WordPress.org karena dilengkapi fitur-fitur dan juga tersedia banyak tema untuk membuat website toko online.

KESIMPULAN DAN TIPS

Kesimpulan : 
WordPress adalah solusi terbaik untuk membuat website bagi orang awam maupun untuk developer. Anda sudah bisa membuat website tanpa perlu skill coding, namun anda juga harus tetap paham mengenai struktur yang ada di WordPress agar tidak kebingungan saat mengatur website WordPress anda.

Tipsnya adalah : 
  • Pahami struktur yang ada di WordPress dengan cara sering-sering membaca tutorial-tutorial atau artikel-artikel yang sudah tersedia.
  • Berhati-hatilah saat menginstall tema dan plugin (Lihat Riview yang Paling Bagus).
  • Pertimbangkan dulu dengan keperluan anda saat mau pindah ke WordPress.org.
  • Tetaplah konsisten dalam mempelajari dan mengoptimasi WordPress anda.


Ya, baik sahabat KutuTips.com itu tadi yang dapat kami ulas di kesempatan kali ini dan semoga bisa menambah wawasan serta semoga bermanfaat bagi sahabat KutuTips.com dan sampai jumpa di artikel selanjutnya Terimakasih.

Post a Comment for "Apa Itu WordPress ? Pengertian WordPress dan Beberapa Manfaatnya"