Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Desain Grafis, Apa itu Desain? dan Apa itu Grafis?

     Desain Grafis,  ya memang benar dan betul jika kalimat ini adalah sebuah kalimat yang sering terdengar di kalangan siswa Multimedia, anda tau kenapa ? itu semua karena Desain Grafis adalah makanan anak Multimedia, entah itu sarapan pagi, makan siang, makan sore, ataupun makanan penutup di malam hari. hehehe... namun sekarang ini semua orang mungkin sudah mengetahui tentang Desain Grafis. akan tetapi tidak semua orang dapat menjelaskan tentang apa itu Desain Grafis secara rinci dan benar, mungkin anda juga termasuk kan?? tapi jangan khawatir berikut adalah penjelasan tentang apa itu Desain Grafis.

Gambar 1.1

  1. Pengertian Desain Grafis 

     Pengertian Desain Grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual. Secara singkat, desain grafis diartikan sebagai suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.
  • Desain merupakan perencanaan dalam pembuatan sebuah objek, sistem, komponen atau struktur. Kemudian, kata “desain” dapat digunakan sebagai kata benda maupun kata kerja. Dalam artian yang lebih luas, desain merupakan seni terapan dan rekayasa yang berintegrasi dengan teknologi. Desain dikenakan pada bentuk sebuah rencana, dalam hal ini dapat berupa proposal, gambar, model, maupun deskripsi. Jadi dapat dikatakan, desain merupakan sebuah konsep tentang sesuatu. Desain lahir dari penerjemahan kepentingan, keperluan, data maupun jawaban atas sebuah masalah dengan metode-metode yang dianggap komprehensif, baik itu riset, brainstorming, pemikiran maupun memodifikasi desain yang sudah ada sebelumnya.
  • Grafis adalah bentuk komunikasi visual yang dirancang dengan menggunakan kombinasi koordinat titik-titik dan garis sebagai media untuk menyampaikan informasi secara efektif. Umumnya orang menyebut istilah grafis dengan gambar. Grafis atau gambar dapat menjadi fungsional dan sebagai seni artistik dengan menginformasikan, menggambarkan keadaan atau kepentingan tertentu melalui rancangan, proses dan hasil produksi yang dikenal dengan istilah desain grafis.

     2. Prinsip dan Unsur desain

     Ketika membahas unsur dalam desain grafis maka tidaklah berbeda dengan dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual.

Prinsip-prinsip dan Unsur dalam design grafis hampir sama dengan desain lainnya :

Keseimbangan (balance),
Ritme (rhythm),
Tekanan (emphasis),
Proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity),

     3Peralatan Desain Grafis

     Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.

     4. Perancangan Grafis

Perancang grafis atau sering disebut dengan Desainer grafis (bahasa Inggris: Graphic Designer) adalah profesi yang menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion. Seorang desainer grafis menciptakan karya untuk penerbit, media cetak dan elektronik, seperti brosur dan mengiklankan produk.

Mereka bertanggung jawab untuk sebuah tampilan agar tampak menarik, yang bisa diaplikasikan dalam berbagai bentuk materi promosi yang berkaitan dengan produk dan publik.

     5. Keterampilan Desain Grafis

Dibawah ini adalah keterampilan dari Desain Grafis :

  • Seni Visual

Ilmu yang termasuk dalam seni visual antara lain adalah fotografi dan digital imaging.

  • Tipografi

Tipografi merupakan seni dalam merancang, menyusun dan memodifikasi huruf. Tipografi melibatkan beberapa pengaturan pada huruf seperti ukuran huruf, jenis huruf, tracking (jarak antar huruf secara umum), kerning (jarak antar dua huruf yang spesifik), dan leading (jarak antar baris).

  • Tata Letak

Tata letak adalah seni dalam menyusun elemen (konten) yang ada pada sebuah halaman, seperti penempatan gambar dan teks. Ketrampilan ini umumnya digunakan dalam media cetak seperti majalah, buku, koran, tabloid, dsb. Tata letak pada sebuah media cetak yang baik akan menambah kenyamanan pembacanya.

  • Desain Interaksi

Sejak perkembangan dunia teknologi informasi, para desainer grafis mulai berperan dalam merancang tampilan perangkat lunak (Antarmuka Pengguna Grafis atau APG (Inggris: Graphical User Interface (GUI))) dan tampilan dari halaman web.
Desainer grafis bekerja sama dengan pengembang situs web atau pengembang perangkat lunak dalam merancang tampilan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna saat menggunakan perangkat lunak atau mengunjungi halaman web.

  • Perangkat Lunak Desain Grafis

Ada beberapa perangkat lunak yang digunakan dalam desain grafis:

Desktop publishing
Adobe Photoshop
Adobe Illustrator
Adobe Indesign
Coreldraw
GIMP
Inkscape
Macromedia Freehand
Adobe image ready
CorelDraw
Adobe Page Maker
Paint Tool SAI
Webdesign
Adobe Dreamweaver
Microsoft Frontpage
Notepad
Adobe Photoshop
Macromedia firework
Audiovisual
Adobe After Effect
Adobe Premier
Final Cut
Adobe Flash atau sebelumnya Macromedia Flash
Ulead Video Studio
Magic Movie Edit Pro
Power Director
Rendering 3 Dimensi
3D StudioMax
Cinema 4d
Maya
AutoCad
Google SketchUp
Light Wave
Blender
Softimage


Demikian penjelasan tentang Pengertian Desain Grafis, Apa itu Desain? dan Apa itu Grafis? serta alat dan aplikasinya juga. Semoga bermanfaan untuk sahabat KutuTips.com Terima Kasih.



Post a Comment for "Pengertian Desain Grafis, Apa itu Desain? dan Apa itu Grafis?"